Profil

Jorge Martin: Dari Rookie Hingga Kandidat Juara MotoGP 2023

Jorge Martin adalah salah satu pebalap MotoGP yang tengah bersinar di musim 2023. Ia merupakan pebalap Pramac Racing yang menggunakan motor Ducati. Ia berhasil meraih empat kemenangan, lima podium, dan empat pole position hingga seri ke-15 di Jepang. Ia pun menjadi kandidat kuat juara dunia MotoGP 2023, bersaing dengan pebalap-pebalap top lainnya, seperti Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Marc Marquez. Bagaimana kisah perjalanan karier Jorge Martin dari rookie hingga kandidat juara MotoGP 2023? Simak ulasan berikut ini.

Profil Jorge Martin

Berikut adalah biodata lengkap Jorge Martin:

  • Nama lengkap: Jorge Martín Almoguera
  • Nama panggilan: The Martinator
  • Tempat tanggal lahir: Madrid, Spanyol, 29 Januari 1998
  • Kewarganegaraan: Spanyol
  • Agama: Kristen Katolik
  • Profesi: Pebalap MotoGP
  • Hobi: Balapan, musik, traveling
  • Akun Instagram: @88jorgemartin

Karier Jorge Martin

Jorge Martin memulai karier balapnya sejak usia muda. Ia mengikuti berbagai kompetisi balap motor di level nasional dan internasional. Ia berhasil menjadi juara Red Bull MotoGP Rookies Cup pada tahun 2014. Ia juga menjadi runner-up FIM CEV Moto3 Junior World Championship pada tahun 20151.

Pada tahun 2015, ia juga melakukan debutnya di ajang Moto3 World Championship dengan tim Mapfre Aspar Team. Ia berhasil meraih podium pertamanya di Grand Prix Ceko pada tahun 2016. Ia kemudian pindah ke tim Del Conca Gresini Racing pada tahun 2017. Di sana, ia menunjukkan performa yang mengesankan dengan meraih sembilan podium, termasuk kemenangan pertamanya di Valencia. Ia juga mencatatkan rekor sebelas pole position dalam satu musim1.

Tahun 2018 menjadi tahun keemasan bagi Jorge Martin. Ia berhasil menjadi juara dunia Moto3 dengan mengoleksi delapan kemenangan, dua podium kedua, satu podium ketiga, dan dua puluh pole position1. Ia pun naik kelas ke Moto2 pada tahun 2019 dengan tim Red Bull KTM Ajo. Ia meraih dua kemenangan dan enam podium di kelas ini sebelum akhirnya promosi ke MotoGP pada tahun 2021 dengan tim Pramac Racing2.

Kesuksesan Jorge Martin di MotoGP

Jorge Martin langsung menunjukkan taringnya di kelas MotoGP. Ia berhasil meraih pole position di Grand Prix Qatar, seri kedua musim 2021. Ia juga finis ketiga di balapan tersebut, meski sempat memimpin sebagian besar lap. Ia menjadi rookie pertama yang meraih podium di MotoGP sejak Marc Marquez pada tahun 20133.

Namun, nasib sial menimpanya di seri berikutnya di Doha. Ia mengalami kecelakaan hebat saat latihan bebas dan mengalami patah tulang hidung, tangan kanan, dan kaki kanan. Ia pun harus absen selama tiga seri untuk menjalani operasi dan pemulihan3.

Ia kembali ke lintasan di Grand Prix Prancis dan langsung meraih pole position lagi. Ia juga finis kedua di balapan tersebut, hanya kalah dari Jack Miller, rekan setimnya di Pramac Racing. Ia kemudian meraih kemenangan pertamanya di MotoGP di Grand Prix Styria, setelah mengalahkan Joan Mir dengan selisih 1,548 detik3.

Jorge Martin tidak berhenti di situ. Ia terus menunjukkan performa yang konsisten dan kompetitif di setiap seri. Ia meraih kemenangan kedua di Grand Prix Inggris, ketiga di Grand Prix San Marino, dan keempat di Grand Prix Jepang. Ia juga meraih podium ketiga di Grand Prix Aragon dan keempat di Grand Prix India3.

Dengan hasil-hasil tersebut, Jorge Martin berhasil menduduki peringkat ketiga klasemen sementara pebalap MotoGP 2021 dengan 152 poin. Ia hanya tertinggal 19 poin dari pemimpin klasemen Francesco Bagnaia dan 12 poin dari Fabio Quartararo yang berada di posisi kedua3. Ia pun menjadi kandidat kuat juara dunia MotoGP 2021, meski masih menyisakan lima seri lagi.

Kesimpulan

Itulah profil Jorge Martin, pebalap MotoGP yang dari rookie hingga kandidat juara MotoGP 2021. Ia merupakan pebalap Pramac Racing yang menggunakan motor Ducati. Ia berhasil meraih empat kemenangan, lima podium, dan empat pole position hingga seri ke-15 di Jepang. Ia pun bersaing dengan pebalap-pebalap top lainnya, seperti Francesco Bagnaia, Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Marc Marquez. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button